Definisi Minyak Samin
Jenis-jenis Minyak Samin
Aneka Produk Minyak Samin di Indonesia
Daftar Resep

Ghee atau Vanaspati ?

Di Indonesia ghee dan vanaspati dikenal dengan nama minyak samin, namun sebetulnya ghee dan vanaspati berbeda, minyak samin sendiri memiliki 2 jenis, yaitu:

  1. Minyak samin hewani atau Ghee
  2. Minyak samin nabati atau Vanaspati

Manakah yang lebih baik?
Keduanya memiliki kebaikan sendiri-sendiri, namun ada perbedaan-perbedaan penting.

Pertama, Seorang vegan, tentu tidak dapat mengkonsumsi Ghee, sebab Ghee mengandung unsur lemak hewan, dalam hal ini biasanya sapi, kambing, atau unta.

Sebagai alternatif, seorang vegan dapat mengkonsumsi Vanaspati, yakni minyak samin nabati yang terbuat dari minyak kelapa sawit.

Vanaspati Cap Bin Juber
Vanaspati Cap Onta

Kedua, Vanaspati jauh lebih murah daripada Ghee. Semua merek Vanaspati terbuat dari minyak kelapa sawit atau olein. Oleh karena itu para pedagang kaki lima menyukai produk-produk vanaspati untuk mengolah dagangannya, sebagai contoh untuk martabak, atau nasi goreng, Harga yang murah ini didukung oleh kecanggihan mesin-mesin industri besar. Hidrogenasi dilakukan dengan menggunakan nikel sebagai katalis dalam reaktor pada tekanan rendah dalam industri besar.

Ghee jauh lebih mahal, sebab Ghee menggunakan bahan hewani dan diproses secara tradisional hingga semi modern dalam jangka waktu yang lama.

Ghee Cap Oasis
Ghee Cap Leila

Ghee umumnya dipergunakan di jazirah Arabia dengan nama minyak Samn atau Samin, yakni minyak yang terbuat dari unsur lemak dan mentega hewan yang dipanaskan berjam-jam sehingga beraroma bakar selain pula beraroma susu. Aroma tersebut menimbulkan rasa yang khas bagi masakan-masakan asli Arab, seperti nasi biryani dan sup maraq. Tinggi kandungan vitamin E, A, D, K sehingga minyak samin ghee ini kerap pula dipakai untuk alasan kesehatan dan kecantikan, di India wanita menggunakannya sebagai penyubur rambut selain untuk memasak.

Dari segi kesehatan, Ghee memang lebih baik daripada Vanaspati. Baik Vanaspati dan Ghee keduanya mengandung transfat atau lemak jenuh, hal ini mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), namun pada Vanaspati kadar kolesterol baik (HDL) ikut menurun. Sedangkan pada Ghee kadar LDL naik, tanpa menurunkan kadal HDL pada darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *